3

Marhaban Ya Ramadhan

Posted by dek.indah on 9:15 PM in
Bulan Ramadhan telah datang
Ibadah puasa kita jalankan
Maafkan segala dosa dan khilaf <-- ga matching
Semoga berkah di bulan Ramadhan

Temans, maafin aku ya klo ada salah dan khilaf ku baik yang kusengaja ato pun enggak.
Met Puasa ya...
Semoga ibadah kita diterima oleh-Nya. amiiiiinnnnn

Links to this post
1

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan

Posted by dek.indah on 9:20 PM in
Karena sedang heiboh orang2 disekitarku membicarakan plastik,jd inget msh punya bahan postingan yg udah kesimpen lama dan ga kelar nulisnya. hahaha
Kali ini ma nge-post yg aga bermutu dikit deh. ;))

Bicara plastik ya skrg. Karena plastik itu merupakan benda yg ga bisa lepas dr kehidupan sehari-hari kita. Beli makan aja, pulang2 bawa plastik (Kecuali klo kita bawa tempat makanan sendiri). Jd bisa dibayangkan donk brp banyak plastik yg kita gunakan setiap harinya. Tapi kita sedang tidak mau membicarakan tt limbah plastik yg sulit di daur ulang dulu. Yang akan kita bicarakan kali ini adalah tempat makanan/ minuman yg berbahan plastik. Ternyata ada jg lho tempat makan/ minuman itu yg ga baik bagi kesehatan.

Kita mulai dg definisi plastik dulu:
Plastik meliputi produk sintetik ato semi sintetik. Plastik terbentuk dr kondensasi organik ato penambahan polimer dan bisa jg terdiri dr zat laen. Plastik merupakan polimer, rantai panjang atom yang mengikat satu sama laen. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang ato biasa disebut "monomer". Biasanya plastik terdiri dari polimer karbon saja ato dengan oksigen, nitrogen, chlorineatau belerang di tulang belakang. (Beberapa minat komersial juga berdasar silikon). Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan "bergantung" dari tulang-belakang (biasanya "digantung" sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer). Pengesetan ini oleh grup "pendant" telah membuat plastik menjadi bagian tak terpisahkan di kehidupan abad 21 dengan memperbaiki properti dari polimer tersebut. (sumber: wikipedia )
~the end tentang definisi plastiknya~

Emang seh kemasan plastik merupakan suatu solusi bagi sebagian orang untuk mengurangi menumpuknya limbah plastik di muka bumi ini. ~tsaaaah~
Tapi taukah engkau wahai kawan2ku, bahwa tdk semua kemasan plastik itu aman buat kesehatan?
Kemasan plastik itu ternyata ada aturan penggunaaannya lho secara internasional. Karena udah ditetapin secara internasional, maka kode daur ulang yg digunain pun sama.
Kode itu berupa tanda segitiga yg di dalamnya terdapat angka. Dan biasanya kode ini terdapat di dasar kemasan, ada juga yg berada di bagian penutup.*suka-suka lah ya booo*
Btw, klo yg ditulis di tutupnya ga tau deng itu kode yg dimaksut bahan tutupnya doank ato botolnya jg.hehehe just kidding :-/
Kode inilah yg harus kita perhatikan sebelum membeli kemasan makanan berbahan plastik.
Berikut ini kode penjelasannya(sumber : http://beritahabitat.net/2008/07/04/waspadai-bahaya-plastik):

1. PET (Polyetylene Terephthalate)
Kemasan yg biasa memiliki kode dg nomer 1 di dalamnya adalah kemasan botol plastik yg kebanyakan jernih ato tembus pandang. Misalnya dipakai oleh botol air mineral ato botol jus. Jenis PET ini dianjurkan hanya untuk sekali pake aja. Hal ini di karenakan karena klo tll sering dipake apalagi untuk mengisi air hangat maupun panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tsb akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yg dpt mengakibatkan kanker.

2. HDPE(High Density Polythylene)
KOde ini biasa digunain untuk botol susu, galon air minum, dll. HDPE termasuk bahan plastik yg aman digunakan karena memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik dg makanan/ minuman yg dikemasnya. Bahan HDPE ini memiliki kemampuan lbh kuat dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Untuk pemakaian, sama spt bahan PET yaitu hanya untuk sekali pakai.

3. V-Polyvinyl Chloride
Tulisan V berarti PVC(Polyvinil Chloride), yaitu jenis ini termasuk jenis plastik yg paling sulit di daur ulang.
Biasa ditemukan pada plastik pembungkus(cling wrap), dan botol2.
PVC mengandung DEHA yg dapat bereaksi dengan makanan yg dikemas dengan plastik berbahan DEHA ini karena DEHA akan lumer pada suhu -150C. Bisa menimbulkan bahaya pada ginjal hati, dan berat badan.
Alternatif pengganti: daun pisang ato plastik dr bahan polietilena.

4. LDPE(Low Density Polyethylene)
Kode daur ulang nomer 4 ini bisa dijumpai pada plastik tipe coklat(thermoplastic/ terbuat dr minyak bumi) yg biasa untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol2 lembek.
Sifat plastik: kuat, agak tembus cahaya, fleksibel, dan permukaan yg agak berlemak. Pada suhu di bawah 600C sangat resisten terhadap senyawa kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, akan tetapi kurang baik bagi gas2 yg lain spt oksigen.
Plastik jenis LDPE ini bisa didaur ulang tapi sulit di hancurkan. Akan tetapi msh tetap baik sbg tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yg dikemas dengan bahanini.

5. PP(Polyproplylene)
Ini dia plastik terbaik untuk bahan plastik, terutama yang berhubungan dengan makanan dan minuman.
Karakteristik bahan ini biasanya transparan yg tidak jernih.
Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yg rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap.
Coba diliat baik-baik: tertera nomer 5 kah di tempat minum ato makan anda?

6. PS(Polystyrene)
Polystyrene ini ditemukan oleh Eduard Simon-apoteker dari Jerman pada tahun 1839 secara tidak sengaja.
Kalo bahan ini bersentuhan dengan bahan makanan, dapat mengeluarkan bahan styrene, karena Polystyrene merupakan polimer aromatik.
Biasa dipakai sbg bahan tempat makan styrofoam.
Bahan ini harus dihindari, karena bisa membahayakan kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yg bisa berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf.
Bahan ini sulit untuk di daur ulang. Jikalau bisa pun, akan sangat membutuhkan waktu yg lama dan proses yg sangat panjang.
Klo tdk tertera kode daur ulang pada kemasan, anda bisa melakukan pengecekan sbb: Bakar kemasan tersebut, jika mengeluarkan api berwarna kuning-jingga dan meninggalkan jelaga, maka kemasan tersebut termasuk plastik berbahan Polystyrene.

7.OTHERS
Others(SAN/ Styrene Acrylonitrile, ABS/ Acrylonitrile Butadine Styrene, PC/ Polycarbonate Nylon).

Dpt ditemukan pada tempat makanan dan minuman, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.
PC-Polycarbonate dpt ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita(sippy cup), botol minum policarbonate, dan kaleng kemasan makanan dan minuman.
Dpt mengeluarkan bahan utamanya yaitu bispenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.
Dianjurkan untuk tidak menggunakan tempat makanan dan minuman karena Bisphenol-A dapat berpindah ke dalam minuman atau makanan jika suhunya dinaikkan karena pemanasan.
SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan.
SAN biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi. Sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa.
SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan.

Kita harus bijak dalam menggunakan plastik, khususnya plastik dengan kode 1,3,6, dan 7(khususnya Polycarbonate). Seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Ini tidak terjadi bahwa plastik dengan kode yang lain secara utuh aman, namun perlu dipelajari lebih jauh lagi. Akan lebih aman menggunakan plastik dengan kode 2,4,5, dan 7 (kecuali Polycarbonate) bila memungkinkan.
TIPS:
1. Cegah penggunaan botol susu bayi, dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahan polycarbonate, cobalah pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, polyethylene, atau polypropylene. Gunakan cangkir bayi berbahan stainless steel,polyethylene, atau polypropylene. Untuk dot, gunakanlah yang berbahan silikon, karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik sebagaimana pada dot berbahan latex.

2. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah, janganlah menyimpan air minum ataupun makanan dalam keadaan panas.

3. Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum. Jika penggunaaan botol plastik berbahan PET(kode 1) dan HDPE (kode 2), tdk dpt dicegah, gunakanlah hanya sekali pakai dan segera di habiskan karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. Bahan alternatif yang dapat digunakan adalah botol stainless steel atau kaca.

4. Mencegah memanaskan makanan yang dikemas dalam plastik, khususnya microwave oven, yang dapat mengakibatkan zat kimia yang terdapat pada plastik tersebut terlepas dan bereaksi dengan makanan lebih cepat. Hal ini dapat terjadi bila kemasan plastik digunakan untuk mengemas makanan berminyak atau berlemak.

5. Bungkus terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus dengan plastik pembungkus ketika dipanaskan di microwave oven.

6. Cobalah untuk menggunakan kemasan berbahan kain untuk membawa sayuran, makanan, ataupun belanjaan dan gunakanlah kemasan berbahan stainless steel atau kaca untuk menyimpan makanan atau minuman.

7. Cegah penggunaan piring dan alat makan plastik untuk masakan. Gunakanlah alat makan berbahan stainless steel, kaca, keramik, dan kayu.


Jadi, sudahkah anda menggunakan plastik yang aman bagi kesehatan?

Links to this post
0

Bandung, seminggu yang lalu

Posted by dek.indah on 4:28 AM in , , ,
Karena kesibukan yang begitu padat, maka cerita pas jalan-jalan ke Bandung kemaren baru di luncurkan. :D

Liburan 3 hari kmrn sempet bingung mau kemana. Temen2 sejawat yg selalu merana di hari libur ternyata ada kesibukan sendiri-sendiri.hihihiw Tinggal aku seorang yg lum merencanakan liburan ini. Tapi untungnya dr tempat yg nun jauh disana(halah dr Bandung doank) ada seorang teman yg selalu mengingatku jikalau bertandang ke Jkt ~mau nginep maksutnya~ menyapaku lewat YM di hari jumat tgl 15 Agustus kemaren. Weeww, langsung timbul ide buatku untuk menghabiskan waktu (dan duit tentunya hiks) untuk pergi Bandung. Setelah melalui percakapan yg begitu pelik, akhirnya dia setuju dan gembira tentunya aku mau maen ke Bandung. Dan dengan senang hati menyediakan tempat berteduh buatku dan mengantar ku jalan-jalan dan makan-makan selama di Bandung. aheeeyy senangnya.. ;;)

Perjalanan keesokan harinya ke sana kuputuskan untuk naek kereta bisnis aja. Lumayan kan tiketnya sekarang turun jadi Rp. 20.000,00. Dari kosan berangkat sekitar 9.00. Sampe stasiun Jatinegara jm 09.20. Langsung kulari ke lokasi penjualan tiket. Hampir kuurungkan niatku untuk ke Bandung karena disana udah tertuliskan tiket untuk hari itu(jam berapapun dan kelas apapun) ke Bandung udah habis terjual. Sempat terlintas untuk naek bis aja yg mengaharuskanku pergi ke Cawang. OMG, males bener yak. Tapi sesaat ak berpikir, ada seorang ibu-ibu yang beli tiket ke Bandung dan aku tanya dia ternyata dia nekad beli tiket berdiri yang jam 10:40 kereta Parahyangan. Hmm, apa aku perlu nekad juga ya? Arrrgghhh karena jiwa ku merasa tertantang dan males tentunya untuk menuju ke cawang, akhirnya kuputuskan untuk ikut jejak ibu-ibu itu.hehehe masa yang udah ibu-ibu aja bisa, masa anak mudah kek aku ga bisa. hihihi Setelah nunggu selama setengah jam akhirnya datang juga tuh kreta yang terlambat. fiiiuhh... Untung-untungan neh di dalem, tempat duduk yg belum ada penumpangnya di dudukin aja. hehehe Alhamdulillah sampe Bandung, ga ada penumpang yang berhak atas kursi itu. ahak..ahak Di dalam kereta dapet kenalan baru. Mereka semua berdiri, ada 4 cewe disana. Karena merasa kasihan, sempat kuberikan tempat dudukku pada salah satu cewe yg mau makan. Kupersilakan dia duduk dulu sementara aku berdiri. Tak selang beberapa saat, ada petugas yang ngecek tiket penumpang lewat. Ngecek tiket ku dan penumpang laen. Sesampainya di kursi yang agak belakang dari tempat dudukku, Pak petugas memanggilku untuk duduk di kursi yang kosong. Alhamdulillah lagi. Akhirnya sampe Bandung, aku bisa tidur tenang di kereta.:D

Sampe di Bandung jam 14.30. Di luar si mba yang baek hati udah menungguku. Sebelum menemuinya, aku beli tiket dulu buat balik ke Jakarta biar ga terulang lagi peristiwa sebelumnya. Ya klo seberuntung tadi, dapet tempat duduk. Klo engga dapet, kan ga cantik banget klo berdiri dari jkt-bdg.wahahaha
Hanya perlu beberapa menit untuk sampe di kosan dia yg teletak di daerah cicaheum. Sampe disana istirahat terlebih dahulu, karena perjalanan makan-makan dan jalan-jalan akan kita mulai sehabis shalat magrib. Jalan-jalan malam minggu itu kita mulai dengan mengelilingi BIP. Barulah setelah merasa lapar, kita menuju TKP di Dipati Ukur. Tempat tersebut adalah Bakmi DU 67 yg terletak di Jalan Dipati Ukur no 67. Deketlah ama Unpad. ~hehehe ga membantu letaknya~ Kami berdua memesan menu yang berbeda aku pesen mie goreng, mba shan pesen mie godhog alias mie rebus. Untuk minuman kita mencoba teh poci gula batu. Jadi tehnya itu di sajikan berikut pocinya. Trus di dalam cangkir kecil itu terdapat gula batu. Jadi kita tinggal nuangin teh yg berada dalam poci ke dalam cangkir kita masing-masing terus diaduk-aduk biar terasa manis nya. Tengok saja webnya disini. Mie nya terasa kayak di Jawa banget deh. Nendang dan mak nyus banget.

Bandung hari kedua:.
Merdeka..merdeka!!
Selamat Hari Kemerdekaan yg ke-67.

Kuliner hari itu dimulai dengan mendatangi sebuah warung sunda yang berada tidak jauh dari ITC Kebon Kelapa. Warung tersebut adalah warung ibu imas. Setelah kita melewati pintu masuk maka terlihatlah deretan lauk-lauk di atas meja. JAdi pas kita dateng, langsung aja cari tempat duduk(Klo langsung dpt tempat duduk. Warung ini terbilang sangat rame pengunjung, jadi klo belum beruntung dpt tempat duduk, kita bisa menunggu di belakang orang-orang yg sedang makan. :D), request nasi ke penjualnya, terus langsung deh kita ambil lauknya ndiri. Lauknya mah ada banyak pisan euy. Ada ayam goreng, ayam bakar, paru, ati ampela, babat, tahu, tempe, dsb. Waktu itu aku ambil ayam bakar ama perkedel jagung. Mantab deh masakan dsana, sambel nya pedes manteb, lauknya khas Sunda banget deh. Kira-kira begini gambarnya.


Abis itu jalan-jalan ke BIP dan sekitar, terus lanjuut ke Elizabeth. Abis itu Mba Shan ajak aku lewatin warung Unagi. Klo dalam bahasa Jepang berarti belut. Yup bener banget, salah satu menu andalan yang disajikan di warung ini adalah belut. eMmm, Mungkin laen kali deh klo udah kesana, akan kuceritain suasana makanan disana. Dan mudah-mudahan Oishii(baca: enak, lejat. mantabs, jos gandhos) rasanya. Siang hari di Bandung ternyata bikin ngiler untuk minum es. Kayaknya paling enak makan es duren nih. Langsung aja mba Shan mengajakku untuk menuju es durian kantin Sakinah Pak Aip yang sering di bicarakan ama teman-teman. Untung dia doyan durian, klo ga doyan, bisa ga kesampaian makan es durian. hihihi Letaknya di Jalan Tubagus Ismail. Kami pun memesan menu yang berbeda tentunya. Biar bisa saling icip. :P Aku pesen chocolove, dan mba Shan pesen yg original. Klo yang chocolove itu, durian di kasi kuah susu putih lalu di kasih susu coklat diatasnya. Nah klo yang original, ga pake coklat tentunya. Jadi durian itu disajikan bersama kuah susu putih. Yummy banget es durian nya, daging duriannya tebel, kuah nya seger. Ga bisa di ungkapkan dengan kata-kata dah klo soal es durian ini,, hmmm hmmmm ~msh ngiler pengen kesana lagi~

Perjalanan pulang, mba Shan ingin nunjukin ke aku BTS Telkomsel yang bentuknya kayak pohon. Letaknya ga jauh juga dari es durian Pa Aip tadi. Jalan nya masuk dan berliku, melewati jalan kecil dan sempit.
Ni dia nih hasil jepretanku.

Menyenangkan banget liburan kali ini. Tahu banyak tentang tempat-tempat baru dan banyak pengalaman baru. :D
Emm, Bagaimana dengan liburan kalian kemarin teman-teman? Apakah kalian lalui dengan jalan, di rumah aja ato di kantor? jiakakakak

Links to this post
7

Hate That I love You

Posted by dek.indah on 12:56 AM in ,
Melow lagi ah melow lagi... ~loh malah dangdutan

Nyanyi yuuk.. Inget lagunya Rihanna feat Neyo yang Hate That I Love You. :">
Smoga aja ga ada yang ngiri klo suaraku bagus dan bilang "Salah nadanya"
sedih deh eykeh. :(
tu wa ga... mulai..

[Rihanna (Ne-Yo):]
That's how much I love you (yeah)
That's how much I need you (yeah, yeah, yeah)
And I can’t stand you
Must everything you do
Make me wanna smile?
Can I not like it for awhile?

[Ne-Yo:]
No...

[Ne-Yo:]
but you won’t let me
You upset me girl
then you kiss my lips
All of a sudden I forget
that I was upset
Can’t remember what you did

[Both:]
But I hate it

[Rihanna:]
You know exactly what to do
So that I can’t stay mad at you
For too long, that’s wrong

[Both:]
But I hate it

[Ne-Yo:]
You know exactly how to touch
So that I don’t wanna fuss and fight no more
So I despise that I adore you

[Rihanna (Ne-Yo):]
And I hate how much I love you boy (yeah)
I can’t stand how much I need you (I need you)
And I hate how much I love you boy (ooh)
But I just can’t let you go
And I hate that I love you so..

[Ne-Yo:]
And you completely know the power that you have
The only one that makes me laugh

[Rihanna:]
Sad and it’s not fair how you take advantage of the fact that I
Love you beyond the reason why
And it just ain’t right

[Ne-Yo:]
And I hate how much I love you girl
I can’t stand how much I need you
And I hate how much I love you girl
But I just can’t let you go
But I hate that I love you so

[Both:]
One of these days maybe your magic won’t affect me
And your kiss won’t make me weak
But no one in this world knows me the way you know me
So you’ll probably always have a spell on me..

[Rihanna:]
That’s how much I love you
How much I need you
That’s how much I need you
That’s how much I love you
That’s how much I need you

[Rihanna (Ne-Yo):]
And I hate that I love you sooo...
And I hate how much I love you boy (Hey)
I can’t stand how much I need you (I can’t stand how much I need you)
And I hate how much I love you boy (giirl......)
But I just can’t let you go (But I just can’t let you go)
And I hate that I love you so

[Both:]
And I hate that I love you so.. so..

Links to this post

Copyright © 2009 Mrs. Irnawan Eka Putra All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.