0

Bintaro Farm Center

Ya ampun,,, ini draft postingan kali ini sudah lama banget menanti untuk di publish.

Karena mulai bosan mengajak anak-anak maen ke mall, maka diputuskan untuk maen ke tempat yang ada unsur belajarnya. Waktu itu pilihan jatuh ke Bintaro Farm Center (BFC Mini Farm) karena lokasinya yang tak jauh dari rumah. Letak BFC yang agak rumit sempat membuat kami hampir menyerah, tapi berkat bantuan GPS lokasi ini akhirnya berhasil kami temukan.

Sesampainya di sana, langsung disambut oleh seorang penjaganya dan menanyakan apakah ingin ikut tour? Langsung saja kami bilang iyes. Dengan harga yang cukup reasonable sudah termasuk guide fee, makanan untuk hewan dan dapat souvenir kura-kura. Untuk informasi lebih lanjut dapat meluncur ke websitenya BFC.

Sebelum kami ternyata sudah ada pengunjung lain yang datang, jadi kami ikut bergabung sekalian dan apabila ada bagian yang terlewat akan dilakukan setelahnya.

Wisata edukasi di BFC ini terdiri dari 6 aktivitas, yaitu:
1. Mengenal lobster
Pada sesi ini, pemandu menceritakan jenis-jenis lobster ikan air tawar dan laut, bagaimana membedakan lobster jantan dan betina, dan tak lupa menunjukkan lobster yang sedang berganti kulit.
Saking senengnya liat lobster, sehabis pulang dari sini si bapakke beliin lobster buat anak-anak sekalian biar jadi ajang belajar tanggung jawab kasih .  


2. Mengenal kura-kura, dan memandikan kura-kura
Hampir sama dengan sesi sebelumnya, tetapi pada sesi ini, anak-anak akan dilibatkan untuk memandikan kura-kura. Pemandu menceritakan jenis-jenis kura-kura yang menjadi koleksi BFC. Setelah itu anak-anak diminta untuk membantu mendikan kura-kura, mulai dari menyikat, kemudian menyiram dan mengeringkan kura-kura dengan handuk. Dan tak lupa ada sesi foto di atas kura-kura raksasa. 
3. Memberi makan kelinci, dan mengejar kelinci
Salah satu sesi favorit anak-anak. Setelah memberi makan kelinci, anak-anak akan diajak ke suatu tempat dan di sana akan ditemukan banyak kelinci. Anak-anak diminta untuk menangkap kelinci dan memasukkan ke dalam suatu tempat tertentu. Untuk anak-anak yang sangat berlebih energinya, aktivitas ini sangat cocok untuk ajang menyalurkan energi. Meskipun takut untuk pegang, tapi anak-anak sangat semangat dalam mengejar kelinci.
4. Memberi makan ikan
Pada aktivitas ini anak-anak akan diberi pakan ikan, dan dipersilakan untuk memberi makan ikan sepuasnya. Yang paling seneng kalau habis nyebar pakan ikannya, ikan-ikan mendekat dan berkumpul. 
5. Menangkap lobster
Ini sebenarnya lanjutan dari sesi 1, tapi karena tempatnya agak berjauhan jd alurnya dibuat sedemikian rupa deh biar jalannya wisata enak.
Jadi kegiatan ini anak-anak akan diberi kesempatan untuk masuk ke kolam yang berisi lobster. Anak-anak akan belajar untuk menangkap lobster dengan menggunakan tangan kosong maupun serokan. Wuiih seru kan maen air juga kan.

6. Mengenal landak
Ini sesi terakhir kami, yaitu mengenal landak. Menurut websitenya, BFC ini memiliki koleksi lebih dari 700 landak mini dan merupakan peternakan landak mini terbesar di dunia. Anak-anak akan diajarkan untuk membedakan landak jantan dan betina, bagaimana cara memegang landak dan bagaimana memandikannya.



Sekedar informasi jangan lupa untuk membawa snack maupun minuman serta baju ganti. Oiya minyak kayu putih/telon juga jangan sampai ketinggalan, jaga-jaga kalau ada nyamuk yang menggigit anak-anak.





Links to this post
0

Asyraf first Birthday

Posted by dek.indah on 3:02 AM in , ,
Mumpung Juni belum berakhir mau posting acara ulang tahun anak lanang kemarin. Super latee poooosssst sih. Maklum ya emak rempong. Klo weekend dimaksimalkan maen sama anak-anak. :D Tumben-tumbenan hari ini kerjaan juga lagi ga banyak, jadi disempetin ngerampungin postingan ini lah.

Sebenarnya ga ada perayaan sendiri sih ulang tahun Asyraf kemarin, cuma berhubung gank emak-emak TUM June 2014 mau ngrayain ultah anak-anak barengan, ya udah ngikut aja lah. Dan alhamdulillahnya tanggal yang disepakati pas banget ultahnya Asyraf. Jadi ga perlu ada kerempongan-kerempongan lainnya di rumah, tapi cuma bikin nasi kuning aja sih. *dezigghhh... 

Pemilihan tempat, sudah terjadi kesepakatan dari kapan tau kalau kita mau ngadain ultah anak-anak di panti asuhan. Alasannya adalah untuk mengajarkan anak-anak untuk selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Mengingat banyak teman-temannya yang kurang beruntung dalam mendapatkan kasih sayang orang tuanya. Yaa, meskipun anak-anak kami  belum mengerti, setidaknya potret ulang tahun tersebut masih dapat membawa cerita suatu saat ketika mereka sudah memahami arti berbagi dan bersyukur. 

Panti Asuhan yang kami pilih adalah panti asuhan Sayap Ibu, yang terletak di Jalan Barito, Jakarta. Sebenernya saya sendiri masih ragu-ragu bisa hadir dalam acara tersebut atau enggak, mengingat pak suami lg ga di Indonesia. Tapi, setelah dipertimbangkan dan dimintakan ijin ke pak suami dan disetujui, tanpa pikir panjang diajak serta si mbak dan si kakak untuk menemani mama dan adek. :D

Acara berlangsung lancar dan alhamdulillah ada kebahagiaan tersendiri melihat senyum kecil tersimpul dari bibir mungil anak-anak panti. Dan ada kejadian yang bikin hati nyeess banget. Saat itu gw lagi nyuapin si kakak. Tau-tau ada anak yang nyamperin terus ngobrol-ngobrol dan tiba-tiba melukkk. Saat itu gw langsung pengen nangis sejadi-jadinya. Ya Allah, hanya dengan pelukan saja, bisa membuat anak-anak itu bahagia. 

Dear adek Asyraf sayang,
Selamat ulang tahun ya sayang. Jadi anak sholeh, berbakti sama Mama dan Papa, sayang keluarga, rukun sama kakak, sehat, pinter, tidak boleh egois, bisa membedakan mana yang salah dan benar, jangan pernah menyakiti orang lain ya nak. Jadilah selalu sumber kebahagiaan, karena Mama selalu yakin positive attitude will bring you a positive life. Dan selalu dalam lindungan Allah ya Nak.









Links to this post

Copyright © 2009 Mrs. Irnawan Eka Putra All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.